Senin, 18 Juli 2011

BANGUNAN BERTINGKAT BANYAK (GEDUNG)



Sebuah bangunan yang bertingkat banyak adalah bangunan atau struktur tinggi. Contohnya bangunan apartemen tinggi atau perkantoran tinggi. Pada suatu bangunan gedung bertingkat banyak adalah kecil kemungkinannya semua lantai tingkat akan dibebani secara penuh oleh beban hidup.
Bahan yang digunakan untuk  struktural bangunan bertingkat banyak adalah beton kuat dan besi. Beton dari segi mutu yaitu  Beton mutu biasa dan  Beton mutu tinggi. Namun demikian, tulangan juga dipakai untuk memikul gaya tekan terutama pada tempat-tempat dimana diinginkan adanya pengurangan dimensi struktur tekan, seperti pada kolom-kolom lantai bawah pada bangunan bertingkat banyak. Banyak pencakar langit bergaya Amerika memiliki bingkai besi, sementara blok menara penghunian dibangun tanpa beton.

 Bangunan bertingkat banyak harus memiliki elevator (lift) dan bahan bangunan yang lebih murah dan kuat. Bangunan antara 75 kaki dan 491 kaki (23 m hingga 150 m)  dianggap bangunan bertingkat banyak. Bangunan yang lebih dari 492 kaki (150 m) disebut sebagai bangunan pencakar langit. Tinggi rata-rata satu tingkat adalah 13 kaki (4 m), sehingga bangunan setinggi 79 kaki (24 m) memiliki 6 tingkat.


Beberapa ahli memberikan pendapat tentang Pengertian bangunan bertingkat banyak yaitu :
1.          International Conference on Fire Safety in High-Rise Buildings mengartikan bangunan bertingkat banyak sebagai "struktur apapun dimana tinggi dapat memiliki dampak besar terhadap evakuasi."
2.           New Shorter Oxford English Dictionary mengartikan bangunan tinggi sebagai "bangunan yang memiliki banyak tingkat"
3.          Massachusetts General Laws mengartikan bangunan tinggi lebih tinggi dari 70 kaki (21 m)
4.          Banyak insinyur, inspektur, arsitek bangunan dan profesi sejenisnya mengartikan bangunan tinggi sebagai bangunan yang memiliki tinggi setidaknya 75 kaki (23 m).
Struktur bangunan bertingkat banyak memiliki desain untuk pembangunan struktural dan geoteknis, terutama bila terletak di wilayah seismik atau tanah liat memiliki faktor risiko geoteknis seperti tekanan tinggi atau tanah lumpur. Bangunan bertingkat banyak mulai dibangun pada waktu awal berdirinya Amerika selama kebangkitan industri. Menggunakan bahan ringan, mereka mampu membuat bangunan bertingkat 8. Asch Building memiliki 10 tingkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar